Halloween party ideas 2015

Sejak menyelesaikan S3nya dalam bidang filsafat di Universitas Ankara, Turki pada 1990. Pandangan-pandangan kesufian Mas Komar  (demikian sapaan akrab beliau) sudah banyak dikenal. Kekuatan ceramah tasawuf pria penggemar olah raga tenis ini terletak pada metafor-metafor yang dinukil dari kisah-kisah sufi klasik kemudian direfleksikan ke dalam kehidupan aktual saat ini. Menurut beliau siapa saja sebenarnya bisa mendapatkan ilham, karena ilham itu adanya di pikiran yang kemudian mengilhami tindakan, hanya orang yang aktif dan berusaha  untuk mendapatkannya saja yang bisa menerima ilham. Bahkan ketika beliau kehabisan ide dalam menulis pun, biasanya mendapatkan ilham ketika mandi. Berikut petikan obrolan Al Khusyu’ dengan Rektor UIN Jakarta ini.
Sebenarnya apa sih ilham itu?
Ilham, intuisi biasanya dipahami sebagai sebuah bisikan halus yang langsung diterima di dalam hati yang memberikan kesan mendalam sehingga tidak mudah lupa dan mempunyai daya dorong, pengaruh bagi seseorang untuk bertindak. Ilham itu semacam pembelajaran dan doroingan.

Cara mendapatkan ilham bisa dipelajari dong?
Ilham itu bisa dipelajari dalam pengertian, orang bisa melatih diri, membersihkan diri akan peka terhadap suara suara kebaikan. Karena sesungguhnya pembelajaran, bisikan baik itu bisa diproduksi dari dalam diri kita sendiri, tapi bisa juga dari lingkungan. Apakah itu lingkungan alam, bisa juga manusia. Pendeknya di semesta ini kan banyak pesan pesan kebaikan, tapi hanya orang yang membersihkan diri dan berusaha saja yang cepat menangkapnya, kalau yang tidak juga kurang bisa.

Lebih jelasnya bersih diri seperti apa?
Membersihkan diri, adalah  mempertajam antena radarnya. Orang yang menjauhkan diri dari pikiran pikiran negatif atau tindakan negatif, kalau tidak itu kan bisa menjadi bintik bintik pada radar hati radar pikiran, sehingga kalau radar ini banyak bintik bintiknya maka dia tidak tajam untuk menangkap itu.
lengkapnya Dapatkan majalahnya di agen sirkulasi kami di kota anda atau toko buku Gramedia dan Gunung Agung)

 Atau berlangganan langsung disini

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.