Halloween party ideas 2015

Al khusyu-بسم الله الرحمن الرحيم
الخشوع لله في الصلاة علم نافع وعمل صالح
*_Khusyuk untuk Allah didalam sholat adalah ilmu yang bermanfaat dan termasuk amal sholeh._*
الخشوع علم نافع، وهو عمل صالح من أعمال القلوب، ويتبعها عمل الجوارح، للأحاديث الآتية:
_Khusyuk itu adalah ilmu yang bermanfaat. Dan khusyuk itu adalah amal sholeh dari semua amalnya hati. Dan secara otomatis pasti akan diikuti oleh amal anggota badan. Berdasarkan hadits dibawah ini._


_Hadits pertama :_
عن جبير بن نفير، عن أبي الدرداء قال : كُنَّا مَعَ رَسُولِ اللَّهِ، فَشَخَصَ بِبَصَرِهِ إِلَى السَّمَاءِ، ثُمَّ قَالَ: هَذَا أَوَانُ يُخْتَلَسُ الْعِلْمُ مِنَ النَّاسِ، حَتَّى لَا يَقْدِرُوا مِنْهُ عَلَى شَيْءٍ فَقَالَ زِيَادُ بْنُ لَبِيدٍ الْأَنْصَارِيُّ : كَيْفَ يُخْتَلَسُ مِنَّا، وَقَدْ قَرَأْنَا الْقُرْآنَ؟ فَوَاللَّهِ لَنَقْرَأَنَّهُ وَلَنُقْرِئَنَّهُ نِسَاءَنَا وَأَبْنَاءَنَا! فَقَالَ: ثَكِلَتْكَ أُمُّكَ يَا زِيَادُ! إِنْ كُنْتُ لَأَعُدُّكَ مِنْ فُقَهَاءِ أَهْلِ الْمَدِينَةِ، هَذِهِ التَّوْرَاةُ وَالْإِنْجِيلُ عِنْدَ الْيَهُودِ وَالنَّصَارَى، فَمَاذَا تُغْنِي عَنْهُمْ؟ قَالَ جُبَيْرٌ: فَلَقِيتُ عُبَادَةَ بْنَ الصَّامِتِ، فَقُلْتُ: أَلَا تَسْمَعُ مَا يَقُولُ أَخُوكَ أَبُو الدَّرْدَاءِ؟ فَأَخْبَرْتُهُ بِالَّذِي قَالَ أَبُو الدَّرْدَاءِ، قَالَ: صَدَقَ أَبُو الدَّرْدَاءِ، إِنْ شِئْتَ لَأُحَدِّثَنَّكَ بِأَوَّلِ عِلْمٍ يُرْفَعُ مِنْ النَّاسِ: الْخُشُوعُ يُوشِكُ أَنْ تَدْخُلَ مَسْجِدَ الجَامِعِ فَلَا تَرَى فِيهِ رَجُلاً خَاشِعاً

_Berkata sahabat Jubair : Dari sahabat Jubair Bin Nufair, dari Abu Darda dia berkata : "Kami pernah bersama Rosululllah, kemudian beliau mengangkat muka nya ke langit." Kemudian beliau berkata : "Inilah saatnya ilmu diangkat dari manusia. Sampai mereka tidak bisa berbuat apa apa." Kemudian berkatalah seorang sahabat yg bernama Ziyad Bin Labid Al Anshori : "Bagaimana ilmu itu diangkat dari kami, padahal kami telah membaca Alquran? Dan demi Allah kami akan selalu membaca nya, dan kami akan membacakan Alquran itu kepada istri dan anak2 kami." Maka berkata Rosululllah : "Celaka engkau wahai Ziyad...!!! Aku telah menganggap engkau adalah salah satu dari org yang Faqih di Kota Madinah ini, sekarang lihat kitab taurat dan injil ini, apa manfaat kitab ini untuk orang2 yahudi dan nasrani? (Padahal mereka selalu membacanya kitab itu)." Aku telah menemui sahabat Ubadah Bin Somit. Aku berkata kepadanya : "Apakah kamu pernah mendengar perkataan saudaramu Abu Darda?" Kemudian aku memberitahukan kepadanya perkataan Abu Darda. Ubadah Bin Somit berkata : "Benar sekali ucapan Abu Darda itu. Jika engkau mau, akan aku beritahukan kepadamu tentang ilmu yg pertama kali akan diangkat dari manusia adalah, Al Khusyu. Sampai2 engkau akan memasuki masjid jamik disana engkau tidak akan melihat seorangpun diantara mereka yg KHUSYU. (HR. Tirmidzi)._

_Hadits kedua :_
عن شداد بن أوس أن رسول الله قال: أوَّلُ ما يُرْفَعُ مِنَ النّاسِ الخُشُوعُ
_Dari sahabat Syadad Bin Aus Rosululllah bersabda : "Ilmu yang pertama kali diangkat dari manusia adalah AL KHUSYUK."_

_Hadits ke tiga :_
عن زيد بن أرقم عن النبي أنه قال في دعائه : اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ عِلْمٍ لَا يَنْفَعُ، اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ عِلْمٍ لَا يَنْفَعُ، وَمِنْ قَلْبٍ لَا يَخْشَعُ، وَمِنْ قَلْبٍ لَا يَخْشَعُ، وَمِنْ نَفْسٍ لَا تَشْبَعُ، وَمِنْ دَعْوَةٍ لَا يُسْتَجَابُ لَهَا.
_Dari sahabat Zaid Bin Arqom dari Nabi sesungguhnya beliau berkata didalam doa nya : "Ya Allah aku berlindung kepadaMu dari ilmu yg tdk bermanfaat. Dan aku berlindung kepadaMu dari hati yg tdk Khusyu. Dan aku berlindung kepadaMu dari jiwa dan tidak pernah kenyang (nggrambyang gak jelas). Dan aku berlindung kepadaMu dari doa yg tidak terjawab."_
وقلب لا يخشع: علمه لا ينفع، وصوته لا يسمع، ودعاؤه لا يرفع.

_Apa yg dimaksud dengan hati yg tdk Khusyu? Maksudnya adalah ilmunya tdk bermanfaat, suara nya tdk pernah didengar, dan doa nya tdk pernah terangkat alias tdk terkabul._
قال الإمام ابن رجب رحمه الله: فالعلم النافع هو ما باشر القلوب، فالعلم النافع هو ما باشر القلوب، فأوجب لها السكينة، والخشية، والإخبات لله، والتواضع، والانكسار، وإذا لم يباشر القلب ذلك من العلم، وإنما كان على اللسان، فهو حجة الله على ابن آدم يقوم على صاحبه، وغيره

_Imam Ibnu Rojab smg Allah merahmatinya berkata : Yg dimaksud ilmu yg bermanfaat adalah ilmu yg dapat menyentuh hati. Kemudian membawa sakinah dan takut kepada Allah. Membawa ketundukan, Tawadhu, dan rendah hati. Tetapi jika Ilmu itu tdk merasuk dalam hati. Dan hanya sampe lisan saja. Maka ilmu itu akan dijadikan Allah sebagai hujatan saja untuk dirinya maupun orang lain._
كما قال ابن مسعود : إن أقواماً يقرؤون القرآن لا يجاوز تراقيهم، ولكن إذا وقع في القلب يرسخ فيه نفع صاحبه.

_Seperti yg dikatakan Ibnu Mas'ud : “Sesungguhnya ada golongan kaum, yang mereka membaca Qur’an, tetapi bacaan mereka tidak melewati tenggorokan mereka. Tetapi jika bacaan qur’an mereka itu masuk dalam hati, menghujam kuat di dlm nya maka pasti ia akan bermanfa’at bagi pembaca nya._
وقال الحسن رحمه الله: العلم علمان: علم باللسان، وعلم بالقلب، فعلم القلب هو العلم النافع، فعلم القلب هو العلم النافع، وعلم اللسان حجة الله على ابن آدم.

_Berkata Imam Hasan Ra : Ilmu itu ada dua. Pertama Ilmu sebatas mulut. Kedua Ilmu yg sampai ke Hati. Maka ilmu yg sampai ke hatilah yg akan bermafaaf. Sedangkan ilmu sebatas mulut hanya sebagai hujatan untuk anak adam saja._
وقد قال الله تعالى: 

_Sebagai mana Allah Swt Berfirman :_
إِنَّمَا يَخْشَى اللَّهَ مِنْ عِبَادِهِ الْعُلَمَاءُ إِنَّ اللَّهَ عَزِيزٌ غَفُورٌ 

_Sesungguhnya yang takut kepada Allah di antara hamba-hambaNya, hanyalah para ulama. Sesungguhnya Allah Maha Perkasa lagi Maha Pengampun._
وقال : أَمْ مَنْ هُوَ قَانِتٌ آَنَاءَ اللَّيْلِ سَاجِداً وَقَائِماً يَحْذَرُ الْآَخِرَةَ وَيَرْجُو رَحْمَةَ رَبِّهِ قُلْ هَلْ يَسْتَوِي الَّذِينَ يَعْلَمُونَ وَالَّذِينَ لَا يَعْلَمُونَ إِنَّمَا يَتَذَكَّرُ أُولُو الْأَلْبَابِ.

_Allah Swt Berfirman di ayat lain : Apakah kamu hai orang musyrik yang lebih beruntung ataukah orang yang beribadat di waktu2 malam dengan sujud dan berdiri. sedang ia takut kepada azab akhirat dan mengharapkan rahmat Tuhannya. Katakanlah: Adakah sama orang-orang yang mengetahui dengan orang-orang yang tidak mengetahui? Sesungguhnya orang yang berakallah yang dapat menerima pelajaran._
ووصف اللَّه العلماء من أهل الكتاب قبلنا بالخشوع، 

_Dan Allah mensifati para ulama dari Ahli kita sebelum kita dengan sifat Al Khusyu._
فقال سبحانه: قُلْ آَمِنُوا بِهِ أَوْ لَا تُؤْمِنُوا إِنَّ الَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ مِنْ قَبْلِهِ إِذَا يُتْلَى عَلَيْهِمْ يَخِرُّونَ لِلْأَذْقَانِ سُجَّدا وَيَقُولُونَ سُبْحَانَ رَبِّنَا إِنْ كَانَ وَعْدُ رَبِّنَا لَمَفْعُولاً وَيَخِرُّونَ لِلْأَذْقَانِ يَبْكُونَ وَيَزِيدُهُمْ خُشُوعاً، 
_Maka berfirmanlah Allah Swt : Katakanlah Berimanlah kamu kepadanya atau tidak usah beriman. Sesungguhnya orang2 yang diberi pengetahuan sebelumnya. Apabila Al Quran dibacakan kepada mereka, mereka tersungkur atas muka mereka sambil bersujud. Dan mereka berkata: Maha Suci Tuhan kami, sesungguhnya janji Tuhan kami pasti dipenuhi. Dan mereka menyungkur atas muka mereka sambil menangis dan mereka bertambah khusyu'._
وقوله سبحانه في وصف هؤلاء الذين أوتوا العلم، ويخرون للأذقان يبكون ويزيدهم خشوعاً مدحٌ لمن أوجب له سماع كتاب الخشوع لله في قلبه

_Adapun Yang dimaksud Firman Allah tentang sifat mereka yg diberi Ilmu. Dan mereka menyungkur atas muka mereka sambil menangis dan mereka bertambah khusyu'. Ayat ini adalah pujian bagi mereka yang mewajibkan dirinya ketika mendengar Ayat Allah mereka Khusyu didalam hatinya._
*****
_Diterjemahkan dari kitab alkhusyu fi sholat karangan ayek Said Bin Ali Bin Wahf Alqahthani Hafudzahullah. Bab 3 halaman 17._




Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.