Halloween party ideas 2015

Al khusyu- Bagi seorang mukmin yang menghayati sholatnya dan menghidupkannya dakwah berhasil atau tidak berhasil itu bukan urusannya. Yang namanya Yasroh sodrohu itu memang benar-benar  ada sebagaimana sakit hati itu juga ada dan selalu menempel kemanapun kita pergi dan dimanapun dia berada.

Sebagaimana firman Allah :
وَنَفْسٍ وَمَا سَوَّاهَا فَأَلْهَمَهَا فُجُورَهَا وَتَقْوَاهَا
Dan demi jiwa serta penyempurnaannya, maka Allah mengilhamkan kepada jiwa itu (jalan) fujur dan ketakwaannya. (Assyams : 7 - 8).

Kata Fujur itu bisa diartikan kefasikan atau kejahatan. Dan jahat itu adalah Ilham. Sebagaimana ayat Quran diatas. Ilham itu tidak muncul dari pikirannya dan tidak muncul dari perasaanya (Alhissi wal Aqli) tapi muncul dari Allah langsung karena sayangnya Allah atau kemarahan Allah. Sebagaimana Allah marah kepada Iblis dan itu energi langsung dari Allah. Kenapa? Karena dia tidak beriman kepada Allah.


Sebagaimana firman Allah :
فَمَنْ يُرِدِ اللَّهُ أَنْ يَهْدِيَهُ يَشْرَحْ صَدْرَهُ لِلْإِسْلَامِ ۖ وَمَنْ يُرِدْ أَنْ يُضِلَّهُ يَجْعَلْ صَدْرَهُ ضَيِّقًا حَرَجًا كَأَنَّمَا يَصَّعَّدُ فِي السَّمَاءِ ۚ كَذَٰلِكَ يَجْعَلُ اللَّهُ الرِّجْسَ عَلَى الَّذِينَ لَا يُؤْمِنُونَ

Barangsiapa yang Allah menghendaki akan memberikan kepadanya petunjuk, niscaya Dia melapangkan dadanya. Dan barangsiapa yang dikehendaki Allah kesesatannya, niscaya Allah menjadikan dadanya sesak lagi sempit, seolah-olah ia sedang mendaki langit. Begitulah Allah menimpakan siksa kepada orang-orang yang tidak beriman. (Al An'am : 126).

Begitu juga takwa juga Ilham. Makanya Allah juga berfirman :
قَدْ أَفْلَحَ مَنْ زَكَّاهَا وَقَدْ خَابَ مَنْ دَسَّاهَا

Sesungguhnya beruntunglah orang yang mensucikan jiwanya, dan sesungguhnya merugilah orang yang mengotorinya. (Assyams : 10,11).

Ketika seseorang yang tidak dikasih AllaH Ilham taqwa kemudian bersedekah akan sakit rasanya. Begitu juga ketika dia melaksanakan amal kebaikan yang lain termasuk sholat dia akan tersiksa rasanya.

Makanya Allah menasehati orang-orang  yang beriman dengan firmannya:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلَا تَمُوتُنَّ إِلَّا وَأَنْتُمْ مُسْلِمُونَ

Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah sebenar-benar takwa kepada-Nya; dan janganlah sekali-kali kamu mati melainkan dalam keadaan beragama Islam. (Ali Imran : 132).
Setiap jumat kita diingatkan akan ayat ini. Kemudian apa balasan bagi orang yang bertakwa?

Firman Allah :
وَمَنْ يَتَّقِ اللَّهَ يَجْعَلْ لَهُ مَخْرَجًا وَيَرْزُقْهُ مِنْ حَيْثُ لَا يَحْتَسِبُ ۚ وَمَنْ يَتَوَكَّلْ عَلَى اللَّهِ فَهُوَ حَسْبُهُ ۚ

Barangsiapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar. Dan memberinya rezeki dari arah yang tiada disangka-sangka. Dan barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. (Attalaq : 2 - 3).

Takwa juga sangat berkaitan dengan rezeki dan sekali-kali Alquran tidak pernah salah dalam hal ini... marilah selalu kita dengarkan Al Quran kita ikuti kita patuhi nasehat Alquran.
الخشوع لين القلب والفاجر قسوة القب

Orang yang khusyu itu hatinya akan lembut. Sedangkan orang yang fajir selalu mengikuti Ilham fujur tidak khusyu hatinya dan keras. Bagaimana caranya supaya kita tetap dalam kekhusyu'an?

Firman Allah :
فَمَنْ كَانَ يَرْجُو لِقَاءَ رَبِّهِ فَلْيَعْمَلْ عَمَلًا صَالِحًا وَلَا يُشْرِكْ بِعِبَادَةِ رَبِّهِ أَحَدًا

Barangsiapa mengharap perjumpaan dengan Tuhannya, maka hendaklah ia mengerjakan amal yang saleh dan janganlah ia syirik dalam beribadat kepada Tuhannya". (Alkahfi : 110).

Contoh Syirik kecil adalah kecewa dengan pekerjaan kita. Adapun syirik besar adalah tidak beriman kepada Allah. Tidak percaya terhadap pertolongan Allah padahal Allah menasehati kita ketika kita sedang bermasalah. Dengan firmannya:
إِلَّا تَنْصُرُوهُ فَقَدْ نَصَرَهُ اللَّهُ إِذْ أَخْرَجَهُ الَّذِينَ كَفَرُوا ثَانِيَ اثْنَيْنِ إِذْ هُمَا فِي الْغَارِ إِذْ يَقُولُ لِصَاحِبِهِ لَا تَحْزَنْ إِنَّ اللَّهَ مَعَنَا ۖ فَأَنْزَلَ اللَّهُ سَكِينَتَهُ عَلَيْهِ وَأَيَّدَهُ بِجُنُودٍ لَمْ تَرَوْهَا وَجَعَلَ كَلِمَةَ الَّذِينَ كَفَرُوا السُّفْلَىٰ ۗ وَكَلِمَةُ اللَّهِ هِيَ الْعُلْيَا ۗ وَاللَّهُ عَزِيزٌ حَكِيمٌ

Jikalau kamu tidak mampu menolongnya (Muhammad) maka sesungguhnya Allah telah menolongnya (yaitu) ketika orang-orang kafir (musyrikin Mekah) mengeluarkannya (dari Mekah) sedang dia salah seorang dari dua orang ketika keduanya berada dalam gua, di waktu dia berkata kepada temannya: "Janganlah kamu berduka cita, sesungguhnya Allah beserta kita". Maka seketika itu Allah menurunkan sakinahNya kepada (Muhammad) dan membantunya dengan tentara yang kamu tidak melihatnya, dan Al-Quran menjadikan orang-orang kafir itulah yang rendah. Dan kalimat 
Allah itulah yang tinggi. Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.
صدق الله العظيم

Ketika seseorang sholat hendaknya orang itu berdialog dan isthgrraq tenggelam dalam sholatnya.
Karena hatinya diletakkan dihadapan tuhannya.
Ya Rabb... inilah takbirku..
Inilah alfatihahku aku bacakan kepadamu...
Inilah rukukku. Inilah sujudku...
Inilah penghormatanku dalam tahiyyatku...
Lamakan hayati dan dalami maknanya. Rabbighfirli... diamlah... rasakan ampunan Allah....
Warzuqni... rasakan akan pengabulan Allah dalam permintaanmu...

Carilah nikmatnya rasakan kelezatannya. Carilah kelapangannya merasuk halus kedalam dadamu...
Doakan ummatmu jangan engkau pelit dengan hanya berdoa hanya untukmu dan keluargamu.
Tetapi ketika engkau berjamaah hanya cukup tumakninah saja dan ikutilah imam bagaimanapun keadaannya.

Karena Rasulullah pernah marah kepada Sayyidina Muadz Bin Jabal ketika beliau mengimami jamaah. Karena rukuknya dan panjangnya bacaannya. Tumakninahlah sesuai bacaan yang engkau baca.

Di Shalat Center sekarang tidak ada lagi malam Jumatan. Hanya sholat Hajat dan sholat. Sholat dan sholat.

Lihatlah Tuhanmu dengan hatimu, dalam sujudmu itulah engkau sedekat2 nya dengan tuhanmu.
سجدة لا يرفع رأسه عنها حتى يلقاه
Sajdatan la yarfau raksuhu hatta yalqahu

Disanalah ada liqa ada perjumpaan disana ada musyahadah saling menyaksikan. Syahadatmu dalam kesaksianmu.

Akan hilang was2mu karena hatimu telah dipenuhi dengan cahayaNya karena engkau telah terbuka dadamu.

Sebaliknya jika hatimu dipenuhi oleh kegelisahan maka disanalah engkau akan merasakan tersiksa dalam sholatmu maupun dalam keseharianmu.

Jagalah sholat ini sampai diangkat hijabmu antara engkau dengan tuhanmu. Engkau akan saling menyaksikan.
لا تدركه الأبصار وهو يدرك الأبصار وهو اللطيف الخبير

Allah itu hidup alhayyul qayyum makanya terasa tersingkap lah hijab melalui fi qulubikum.
Engkau akan merasakan ketinggiannya tersungkur menangis dalam keagungannya.
Sibukkanlah hatimu dengan sholat yang engkau kerjakan Allah pasti melihat sholatmu merespon segala Hajat dan keperluanmu.

Hatimu akan menjadi sejuk tidak panas. Kita selama ini sejuk karena air sebagaimana kita panas karena api namun disini Allah memakai kata yang sama antara sejuknya air dan panasnya api.

Pernahkah engkau mengalami sejuk dalam sholatmu?
Apakah engkau merasa panas dalam sholatmu?

Sejuk karena nur Allah atau panas karena naar Allah yang diberikan padamu.
Insyaha Wan fasaha adalah simbol kesejukan dan kenikmatan.
Allah juga menyebut kata binatang bagi orang yang dipenuhi nar Allah. Bahkan mereka lebih sesat lagi.

Begitulah gambaran Alquran yang harus kita perhatikan.

Sholat adalah qurrata ain Permata hati. Dan inilah dzikir tertinggi walaupun aku pernah berdzikir sampai semalam suntuk namun belum apa2 dibanding dengan kenikmatanku dalam sholatku.
Sdh berbagi pengalaman dalam dzikir ini aku ajarkan kepada muridku seperti Pak Mardianto adalah muridku yang terakhir begitupula dr. Hadi saya bersyukur dia tidak gila.

Dan inilah kesesatanku dan kesesatan murid2ku. Kenapa? Karena disana tidak ada adzkurkumnya Allah.

Keadaanmu didunia inilah keadaamu di akhirat nanti. Bahagianya engkau karena pertemuanmu Allah didalam sholatmu begitu juga lebih nikmat lagi ketika engkau bertemu dengaNya di surganya.
Saya tanya kalian terasakah didalam dadamu dinginnya ketika engkau bertakbir? Sampai merasuk tembus kepada sekujur tubuhmu? Dan bekasnya sampai engkau rasakan dalam kehidupanmu.

Bagaimana engkau tahu bahwa Allah menyambut sholatmu?

هو الذي أنزل السكينة في قلوب المؤمنين
Melalui ketenangan inilah engkau mampu menangkap khabar dari Allah dan petunjuk yang sangat jelas dariNya.

Aku akan menunggu ketenangan ini dari hati kalian. Kalau tidak ada harus ada.
Belajarlah terus sampai Allah membuka dadamu. Mari kembali kepada Alquran. Latihanlah amalkan ilmu ini.

Oleh : Yasin Arlan Al Jawi 

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.